Are you a member? sign in or take a minute to sign up

Cancel
logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Medan

Jalan Peratun Medan Estate - Medan 20371

Telp. (061) 6617552 | Fax. (061) 6627855 | Email : pt.medan@ptun.org

Sejarah Pengadilan

Sejarah Pengadilan

SEJARAH SINGKAT BERDIRINYA PTTUN MEDAN

 

Negara Republik Indonesia Negara hukum yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara RI 1945 bertujuan mewujudkan tata kehidupan ngara dan bangsa yang sejahtera, aman, tentram, dan tertib. Dalam usaha mencapai tersebut pemerintah melalui aparaturnya di bidang Tata Usaha Negara (TUN) haruskan berperan positif aktif dalam kehidupan masyarakat. Menyadari sepenuhnya peran positif aktif pemerintah dalam kehidupan masyarakat, maka pemerintah perlu mempersiapkan langkah menghadapi kemungkinan timbulnya perbenturan kepentingan, perselisihan, atau sengketa antara badan atau pejabat TUN dengan warga masyarakat.

Untuk menyelesaikan sengketa tersebut dari segi hukum perlu dibentuk peradilan TUN, oleh karena pembentukan peradilan TUN sebagai bagian pembangunan hukum nasional yang berwatak dan bersifat integral serta dilaksanakan berkesinambungan sebagaimana diamanatkan olek Ketetapan MPR RI No. II/MPR/1983 tentang GBHN. Dengan demikian peradilan TUN merupakan salah satu pelaksana kekuasaan kehakiman yang ditugasi untuk memeriksa, memutus, dan menyelesaikan sengketa di bidang TUN.

Memang peradilan di bidang TUN merupakan lembaga baru dalam tatanan hukum Indonesia dan pembentukannya memerlukan perencanaan serta persiapan yang sebaik-baiknya sehingga pelaksanaannya perlu dilakukan secara bertahap. Undang – Undang tentang Peratun dikeluarkan pada tahun 1986 yaitu Undang – Undang No. 5 Tahun 1986 tentang Peradilan TUN baru bias diterapkan 5 (lima) tahun kemudian dengan dikeluarkannya Peraturan Pemerintah Nomor : 7 Tahun 1991 tentang Penerapan Undang – Undang No. 5 Tahun 1986 tentang Peradilan TUN.

Sebagai langkah awal pada tahun 1990 dikeluarkan Undang – Undnag No. 10 Tahun 1990 tenteng Pembentukan Pengadilan Tinggi TUN Jakarta, Medan, dan Ujung Pndnag. Undang – Undang No. 1 Tahun 1995 tentang Pembentukan PT. TUN Surabaya. Pada Pasal 2 Undnag – Undnag No. 10 Tahun 1990 tentang Pembentukan Pengadilan Tinggi TUN Jakarta, Medan, dan Ujung Pandang menyebutkan “Pengadilan Tinggi TUN Medan Daerah hukumnya meliputi Sumatera Utara, Daerah Istimewa Aceh, Sumatera Barat, Riau, Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu, dan Lampung.

Sesuai ketentuan Pasal 6 ayat (2) Undang – Undang No. 5 Tahun 1986 tentang Peradilan TUN yang menyatakan “Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara berkedudukan di Ibukota Propinsi, dan derah hukumnya meliputi wilayah propinsi”. Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Medan mulai berdiri sejak tanggal 30 Oktober 1990, bahwa gedung Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Medan dibangun pada Tahun 1992, dan peresmiannya dilakukan oleh Menteri Kehakiman Bapak Ismail Saleh pada tanggal 10 Agustus 1992.

(Admin WebPTTUN-Mdn_ Falentius Tarihoran,S.Kom (Page1)